Kamis, 07 Februari 2019

10 Cara Promosi Produk Makanan Agar Semakin Laris Di Masyarakat










Cara promosi produk makanan


1. Menjaga kualitas produk dapat meningkatkan rasa percaya konsumen

Menjaga kualitas makanan merupakan faktor pertama yang paling penting agar promosi berjalan sukses. Untuk itu, Anda perlu menjalankan aktivitas Quality Control meliputi :
  • Memastikan rasa makanan tetap enak
  • Menjaga tampilan tetap bersih, menarik dan rapi.
  • Memastikan bahan yang digunakan berkualitas sesuai standar kesehatan
Menjaga kualitas makanan dapat membantu meningkatkan rasa percaya konsumen. Sehingga konsumen selalu membeli produk Anda ketika dihadapkan pada produk yang sama di pasaran. Itulah alasan mengapa menjaga kualitas makanan merupakan poin pertama ayang harus Anda perhatikan.
Selain itu, menjaga kualitas juga dapat menjaga nama baik produk Anda.
Ingat..
Nama baik atau nama brand yang baik mempengaruhi kesuksesan usaha Anda untuk jangka panjang.

2. Mengikuti even dapat meningkatkan brand awareness

Brand awareness merupakan strategi jitu lainnya yang dapat meningkatkan penjualan produk Anda. Biasanya pengusaha besar menggunakan iklan dengan jumlah yang banyak melalui media online maupun televisi.
Nah sebagai pengusaha makanan, Anda bisa memanfaatkan kegiatan bazar atau even lainnya sebagai ajang iklan Anda.
Anda juga dapat memanfaatkan even tersebut untuk memberikan harga spesial atau diskon khusus. Strategi ini dapat memberikan Anda konsumen baru.
Silahkan Anda cari even yang ada, manfaatkan lalu lakukan promosi secara intensif agar brand produk Anda menjadi terkenal.

3. Memanfaatkan media online dapat menghemat biaya promosi

Pengguna internet di Indonesia begitu tinggi. Ini tentu menjadi peluang emas untuk Anda melakukan promosi. Anda dapat menjangkau konsumen dari manapun.
Promosi metode online sangat bervariasi, tergantung dari budget dan kemampuan yang Anda miliki. Namun yang jelas, promosi dengan media online seperti memanfaatkan media sosial terkenal lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan media televisi.
Anda hanya perlu smartphone dan paket internet. Paket internet saat ini juga sudah sangat bersahabat. So tidak ada salahnya Anda memanfaatkan media online untuk melakukan promosi.

4. Bedakan produk Anda dengan kompetitor untuk menciptakan permintaan yang tinggi

Agar produk Anda cepat laku dan disukai oleh para konsumen, buat sesuatu yang beda dari pesaing Anda. Berikan pertanyaan seperti dibawah ini untuk membuat perbedaan.
  • Apakah produk yang dibuat memiliki sesuatu yang baru dari yang lain?
  • Apakah memberikan keuntungan tersendiri untuk konsumen dari segi uang, waktu atau usaha?
  • Apakah dibuat dengan cara berbeda?
  • Apakah lebih sehat dari segi bahan?
  • Tampilan lebih menarik?
Jadi pastikan bahwa produk Anda merupakan produk pilihan terbaik. Cara ini dapat membuat konsumen lebih memilih produk Anda ketimbang pesaing Anda. Silahkan Anda buat strategi tersendiri agar produk Anda mampu bersaing dari yang lain.

5. Buat slogan atau jingle yang menarik agar konsumen selalu ingat produk Anda

Ada satu teknik yang menarik dan sering digunakan oleh perusahaan besar. Teknik yang digunakan berupa slogan yang gampang membuat konsumen selalu ingat.
Sebagai contoh coba perhatikan slogan “Indomie Seleraku”. Slogan tersebut mudah diingat bukan?
Cara ini cukup efektif agar promosi Anda dapat berjalan lancar. Anda dapat memasang slogan pada kemasan produk Anda atau pada setiap iklan audio video yang Anda buat.
Buat slogan yang cocok dengan produk Anda, carilah kata yang paling simple atau kata yang lazim digunakan yang sesuai dengan produk. Anda bisa belajar membuat slogan dari perusahaan makanan terkenal.

6. “Tak kenal maka tak cinta”. Coba berikan contoh agar konsumen kenal

Suatu produk dapat dipercaya konsumen ketika produk tersebut juga percaya diri.
Caranya adalah dengan memberikan contoh gratis untuk dicoba terlebih dahulu. Dengan cara seperti ini konsumen dapat menjadi semakin yakin dengan produk Anda.
Bukan hanya produk makanan, produk seperti mobil juga memanfaatkan teknik ini seperti dengan test drive dan lain sebagainya.
Tapi ada yang lebih penting..
Jika Anda menjalankan strategi ini, pastikan profit atau keuntungan usaha tetap berjalan lancar. Buat catatan secara khusus biaya yang diperlukan untuk memberikan contoh kepada konsumen. Karena kita tahu bahwa manajemen keuangan merupakan faktor yang harus selalu dijaga. Tujuannya tentu agar cash flow tetap sehat.

7. Berikan reward pada konsumen loyal Anda

Biasanya akan ada konsumen yang begitu loyal dengan produk Anda. Dengan kata lain, konsumen tersebut menjadi pelanggan setia Anda.
Nah agar konsumen tersebut tetap setia, Anda dapat memberikan hadiah berupa diskon khusus atau pelayanan khusus.
Sebagai contoh Anda memberikan bonus satu produk setiap 10 pembelian berikutnya. Hal ini justru memancing para konsumen lain untuk ikut mendapatkan hadiah. Ini strategi yang cukup efektif.
Namun masih perlu pertimbangan kembali, apakah profit yang Anda dapatkan tetap berjalan lancar.

8. Menyebarkan selebaran atau stiker agar produk Anda semakin terkenal

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk membuat promosi semakin sukses adalah dengan membuat selebaran tentang produk Anda. Buat desain selebaran atau brosur yang menarik. Seperti yang telah disebutkan diatas, buat juga slogan yang sesuai dan mudah di ingat.
Cara ini cukup efektif untuk mendatangkan pelanggan baru.
Anda juga dapat menambahkan kelebihan produk Anda pada selebaran tersebut, seperti menambah apa saja resep yang tersedia, menambah bahan unggulan yang digunakan dan lain sebagainya.

9. Tingkatkan kualitas layanan untuk menarik hati konsumen

Faktor pelayanan juga memegang peranan penting lho. Anda harus selalu ramah dan santun kepada konsumen Anda. Cara ini sangat efektif untuk menarik hati konsumen.
Jika Anda memiliki karyawan yang bertugas melayani konsumen, berikan pendidikan pada mereka bagaimana cara melayani konsumen dengan baik. Hal ini penting mengingat hati konsumen harus dikuasai terlebih dahulu agar mereka menjadi pelanggan setia Anda.

10. Meningkatkan kerja sama untuk memperluas jangkauan produk Anda

Kerja sama yang luas dapat memberikan keuntungan yang besar bagi bisnis makanan Anda. Banyak sekali jenis kerja sama yang bisa Anda terapkan seperti :
  • Bekerja sama dengan instansi pemerintah pariwisata
  • Bekerja sama dengan agen pariwisata
  • Bekerja sama dengan para ahli marketing
  • Menjadi kerja sama dengan perusahaan Expor Import
  • Dan lain sebagainya
Perusahaan besar merupakan perusahaan yang memiliki mitra bisnis yang luas. Jadi mulai dari sekarang agar Anda mendapatkan pelanggan yang banyak, Anda dapat meningkatkan kerja sama untuk meningkatkan promosi Anda.
Kesimpulan :
Itulah tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan konsumen yang banyak. Lakukan dengan cara terbaik menurut Anda, riset dengan teliti dan catat semua kegiatan Anda dengan teratur.
Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk menjadi lebih maju. Salam sukses selalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembuatan pesawat Bj Habibie

Presiden Indonesia ketiga  BJ Habibie  memiliki beberapa karya di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Karyanya bahkan digu...