Contoh Surat Penawaran – Saat ini, kita hidup di zaman dimana bisnis man dan pengusaha adalah menjadi salah satu profesi yang banyak di gandrungi oleh banyak kalangan. Tak memandang usia, banyak dari mereka yang masih berusia remaja bahkan yang sudah tua juga menggeluti profesi tersebut.
Bagi mereka, pasti sudah tidak asing dengan salah satu jenis surat resmi ini. Pasalnya, surat penawaran ini memiliki pengaruh yang besar terhadap pemasaran mereka. Karena dengan surat penawaran ini, lebih memudahkan mereka untuk mempromosikan produk mereka. Biasa surat penawaran ini digunakan oleh para distributor, supplier, atau bahkan perorangan.
Yang ditawarkan bukan hanya berupa barang, bisa juga untuk menawarkan jasa. Meskipun pada umumnya, biasanya surat ini keluar setelah adanya surat permohonan dari pihak yang membutuhkan barang atau jasa. Surat ini Juga berfungsi sebagai surat penawaran kerja sama antar perusahaan.
Contents [show]
Isi Surat Penawaran
Perlu diingat, dalam penulisan surat penawaran tidak boleh sembarangan. Tuliskan hal apa saja yang harus diketahui oleh para konsumen. Hal ini bertujuan agar si konsumen tertarik dan tidak lagi bingung ketika akan membelinya. Berikut beberapa hal yang harus diketahui oleh konsumen :
Nama perusahaan atau instansi penawar
Nama perusahaan atau instansi sangat penting untuk dicantumkan. Hal ini bertujuan untuk mempermudah konsumen mengenali distributor yang dituju. Serta cantumkan juga sedikit ulasan aatu alamat perusahaan agar konsumen mudah mengenalinya.
Jenis barang
Dengan mengetahui jenis barang yang dimiliki oleh pihak penawar, konsumen tidak perlu
Jumlah kebutuhan
Perlunya melampirkan jumlah barang ataupun ketersediaan barang oleh pihak penawar, memudahkan konsumen untuk mengira-ngira kesanggupan pihak penawar untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
Merk produk
Dalam penawaran suatu produk, jangan sampai merk produk terlewatkan untuk dicantumkAN. Hal ini menjadi salah satu faktor tertariknya konsumen membeli produk tersebut.
Kualitas produk
Kualitas suatu produk sangat mempengaruhi minat konsumen untuk membeli produk tersebut. Dengan mencantumkan kualitas produk pada surat penawaran, hal ini akan lebih meyakinkan konsumen untuk membelinya.
Harga Khusus atau diskon
Diskon menjadi salah satu daya tarik tersenderi bagi konsumen untuk membeli suatu produk. Setiap konsumen pasti menginginkan harga terbaik yang sesuai dengan kantongnyaApalabila dari pihak penawar memiliki harga khusus, maka jangan sampai lupa mencantumkannya.
Syarat pembayaran
Perihal syarat pembayaran, sangat perlu dicantumkan. Biasanya yang dicantumkan adalah berapa besar DP yang harus dibayar, berapa jumlah biaya tiap angsuran, atau yang lainnya. Hal ini biasanya menjadi bahan pertimbangan konsumen untuk membeli produk tersebut. Karena tidak semua konsumen akan membayar pada lunas pada awal pembelian.
Pengiriman
Setiap konsumen pasti menginginkan barang yang dibelinya aman sampai di tangannya. Oleh karenanya, jangan lupa mencantumkan cara pengiriman atau jasa barang ditawarkan. Hal ini akan membuat konsumen yakin untuk membeli produk tersebut.
Administrasi
Untuk lebih meyakinkan kepada pihak konsumen, lampirkan beberapa dokumen pendukung pada surat penawaran. Misalnya katalog produk, surat izin perdagangan (SIUP), nomor pokok wajib pajak (NPWP)
Cara Menulis Surat Penawaran Yang Benar
Dalam penulisan surat penawaran, maka harus memperhatikan cara penulisannya. Hal ini bertujuan agar penawaran yang diajukan mudah diterima oleh pihak konsumen. Lantas, bagaimana cara menulis surat penawaran yang benar? Berikut beberapa penjelasannya:
Kop surat
Setiap surat resmi, kop surat merupakan bagian yang tidak boleh ditinggalkan. Kop surat terletak pada bagian paling atas surat. Beberapa bagian pada kop surat diantaranya adalah:
- Nama Perusahaan atau instansi
- Logo perusahaan atau instansi
- Alamat lengkap perusahaan atau instansi
- Kontak (CP) perusahaan atau instansi yang bisa duhubungi
Kepala Surat
Kepala surat mencantumkan beberapa hal, yaitu:
- Tanggal pembuatan surat
- Nomor surat
- Lampiran
- Perihal, dan
- Tujuan surat
Pembuka surat
Pada pembuka surat penawaran menjelaskan secara singkat biasanya pemberitahuan atau balasan dari surat permintaan yang diterima terkait barang atau jasa yang ditawarkan dan menjelaskan sedikit terkait perusahaan atau instansi penawar.
Isi surat
Bagian ini adalah bagian terpenting dalam suatu surat penawaran. Pada bagian ini akan dijelaskan secara detail bagaimana barang atau jasa yang ditawarkan. Bagian yang dijelaskan harus sesuai dengan realita yang ada. Apabila yang dicantumkan adalah sebuah rekayasa agar konsumen tertarik, maka hal ini akan mengurangi bahkan menghilangkan kepercayaan konsumen terhadap pihak penawar. Penjelasan yang detail dan sesuai realita, akan mudah menarik konsumen untuk memilih produk. Beberapa hal yang biasa nya dijelaskan adalah:
- harga produk ataupun jasa
- jenis produk atau jasa
- merk produk dan warna produk
- pembayan
- pengiriman
jika ada yang perlu dijelaskan pada bagian-bagian tertentu, maka jelaskan detail agar konsumen semakin yakin.
Penutup surat
Bagian surat penutup ini biasanya berisi himbauan atau harapan dari pihak penawar kepada konsumen. Jika perlu, cantumkan beberapa administrasi tambahan agar semakin meyakinkan pihak konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar